#1Puan1Pekan Ali Wong

Poster Ali Wong: Hard Knock Wife dari situs Netflix


Sama seperti banyak orang lain, saya pertama kali tahu tentang Ali Wong lewat promo Netflix Comedy Special: Baby Cobra. Pentas komika tunggal ini tayang di Hari Ibu tahun 2016 di AS.

Kepopuleran perempuan kelahiran 19 April 1982 ini memang menanjak berkat penampilannya membawakan lelucon-lelucon gamblang tentang seks dengan penampilan yang tidak biasa: perut hamil besar dan gaun yang makin memperjelas lekuk tubuhnya.

Penampilan yang beda itu selain membuat orang penasaran, juga untuk menguatkan pesan yang ingin dia sampaikan:
1) Merombak stereotip ibu hamil
2) Komika yang menikah dan akan punya anak tetap bisa berkarya
3) Standar ganda ibu bekerja nyata adanya

Saking populernya penampilan Ali di Baby Cobra, dia mengulang kesuksesannya di kehamilan kedua dengan gaun yang nyaris sama dan materi lelucon yang tetap segar, mengena dalam semua isu, dari feminisme hingga rasialisme. Hard Knock Wife tayang pada 2018 dan menuai kesuksesan yang jauh melebihi pentas pertamanya.

Bukan hanya di panggung, Ali juga menulis film drama komedi Always Be My Maybe yang tayang pada 2019. Dalam film tersebut dia berperan ganda sebagai produser dan bintang utama. Semua dilakukan bersama rekan kerja Randal Park. Hampir semua kerja film ini dilakukan oleh warga Amerika keturunan untuk mengimbangi representasi mereka dalam industri hiburan AS. Di tahun yang sama Ali juga meluncurkan buku Dear Girls: Intimate Tales, Untold Secrets & Advice for Living Your Best Life.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Joko Pinurbo dan Makna Rumah dalam Personifikasi Kulkas, Ranjang dan Celana

Memenuhi Kebutuhan Emosi

Rahim dan Kepahitan Perempuan dalam Patiwangi Karya Oka Rusmini