#1Puan1Pekan Francesca Fiorentini

Promo News Broke dri Twitter @franifio

Francesca Fiorentini merupakan kontributor dan komika yang bekerja sebagai pembawa acara serta produser di AJ+ sejak awal channel ini berdiri.

Dari Newsbroke, acara yang ditulis dan dipandu Francesca, saya belajar banyak soal politik sambil tertawa. Dia bisa menjelaskan tentang kenapa AS begitu takut akan sosialisme; mengapa pemerintah senang mengatur alat reproduksi perempuan, tentang gun control, Rusia, tax reform, hingga legalisasi pekerja seks.

Dari monolog yang dia bawakan, ada sudut pandang baru yang ditawarkan, teori dijelaskan dengan analogi yang mudah dimengerti tanpa perlu muluk-muluk mengutip dan menempel nama-nama besar.

Politik tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan dan membuat pusing di tangan Franifio. Politik menjadi sesuatu yang menggelikan dengan pola-pola yang berulang dan dapat dengan mudah kita mengerti arah tujuannya.

Tentunya politik tetap menyebalkan dan menyengsarakan banyak orang, tapi Francesca bukan mengajak kita bukan hanya untuk menertawakan politisi. Kita diajak untuk mempelajari permainan kuasa ini.

Bicara politik tidak harus membosankan dan marah-marah melulu. Bicara politik bisa menyenangkan dan membuka wawasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Joko Pinurbo dan Makna Rumah dalam Personifikasi Kulkas, Ranjang dan Celana

Memenuhi Kebutuhan Emosi

Rahim dan Kepahitan Perempuan dalam Patiwangi Karya Oka Rusmini