Langsung ke konten utama

Misteri Kematian dan Janji Surga dalam Novel Faisal Oddang



Surga diciptakan karena...

Demikian kalimat menggantung yang tertera di bawah judul novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang. Buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia (Jakarta, 2015) ini ditulis untuk menjawab pertanyaan, "Kenapa surga diciptakan?" Pertanyaan penting yang akan memengaruhi kehidupan manusia dan apa saja yang akan diperbuatnya sebelum dijemput kematian. Kematian dan surga adalah dua hal yang menggerakkan alur dan menciptakan konflik novel ini.

Ini kisah kematian. Dimulai dengan kematian seseorang diakhiri dengan kematianmu. Iya, kematianmu. Tidak usah terkejut.
Novel ini 200an halaman ini terbagi dalam empat bagian dan 20 bab. Tiap bagian diberi judul dan potongan puisi. Bagian pertama berjudul "Menyiapkan Kematian", bagian kedua "Pada Kematian Itu, Aku Pergi", dilanjutkan dengan "Obituari Luka", dan terakhir "Alam Baka" atau puya.

Narator dalam novel ini adalah leluhur orang Toraja, suku yang terkenal dengan tradisi upacara kematian yang spektakuler, melebihi upacara pernikahan anak-anak generasi milenial: rambu solo. Cerita tidak hanya dikisahkan oleh narator. Ada tiga tokoh utama yang ikut bercerita dalam novel ini. Secara bergantian, pembaca dibawa keluar-masuk sudut pandang penceritaan mereka. Tiap pergantian dibedakan dengan tanda bintang dan tanda kurung. Sederhana.

Selain Leluhur, kisah kematian ini juga dinarasikan oleh keluarga Ralla yang tergolong bangsawan Tana Toraja. Rante Ralla sebagai Ambe atau ayah, Allu Ralla sebagai anak pertama, dan Maria Ralla si bungsu. Semua pencerita sudah meninggal dan berkisah dari alam lain, kecuali Allu Ralla, anak laki-laki yang mewarisi tampuk kepemimpinan ayahnya.

Kisah dibuka dengan kematian Rante Ralla yang diliputi misteri besar. Misteri yang tidak dirasa penting untuk diungkap oleh Allu Ralla, sang anak. Padahal sebagai pembaca, kita pasti penasaran dan ingin segera tahu apa penyebab kematian Rante Ralla.

Allu malah hanya memikirkan tentang upacara pemakaman Ambe-nya. Sebagai pemimpin keluarga yang masih terlalu muda, Allu digambarkan sangat labil dan emosional. Keteguhannya menentang adat rambu solo yang menguras harta hanya seumur jagung. Rasa bersalah dan keinginan membahagiakan keluarga, membuatnya menempuh cara-cara yang di luar idealismenya dan akhirnya bersedia menggelar rambu solo untuk ayahnya.

Bagaimana Allu tidak labil, kalau ayahnya pun dalam kematian juga demikian. Ia mengerti bila anaknya ingin memutuskan pemakman biasa, tapi juga merasa ingin dibuatkan rambu solo demi bisa mencapai surga dengan "cara terhormat" layaknya bangsawan lain. Pemakaman biasa atau menggelar rambu solo merupakan gambaran tarik menarik antara pelestarian adat budaya Toraja dengan kemajuan zaman dan modernisasi. Konflik yang pasti akan muncul saat mengangkat kisah berlatar tradisi masyarakat adat.


Tokoh Perempuan

Bila Rante Ralla bercerita sebagai "orang sakit" yang sedang menunggu upacara kematian yang akan mengantar arwahnya ke surga, Maria Ralla hampir sama. Maria meninggal pada usia lima bulan. Menurut adat Toraja, mayat bayi harus dikuburkan di pohon tarra, tanpa upacara rambu solo. Namun, Maria tetap harus menunggu hingga usianya dewasa, baru bisa melakukan perjalanan ke puya. Sambil menunggu "tubuh"-nya menjadi kuat, Maria hidup bersama bayi-bayi lain di bawah asuhan ibu pohon. Maria bisa melihat kehidupan keluarga Ralla: ambe, indo, kakaknya. Dari narasi Maria terungkap misteri yang meliputi keluarga tersebut.

Maria yang jauh lebih muda dari kakaknya Allu, digambarkan lebih gigih dan lebih kuat. Secara sepintas, Faisal Oddang menggambarkan tokoh-tokoh perempuan yang lebih kuat dan lebih dominan. Tina Ralla disebut sebagai perempuan pekerja keras yang bisa menghidupi keluarga saat suaminya, Rante Ralla yang senang berjudi terjebak dalam jeratan utang. Siti, pacar Allu juga digambarkan sebagai perempuan mandiri dan cerdas. Lalu Malena, anak Pak Kades yang hampir dinikahi Allu juga dikatakan cerdas dan tegas.

Namun, bila diperiksa lebih jauh, tokoh-tokoh perempuan ini akhirnya dibuat tidak berdaya. Tina Ralla yang mengetahui penyebab kematian suaminya dibiarkan bungkam dan tidak bisa berkata-kata. Ia yang tahu jiwa labil anak laki-lakinya juga tidak mampu mengambil alih kepemimpinan. Bahkan sejak suaminya masih hidup, ia tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah bertumpuknya utang.

Demikian pula dengan Siti dan Malena. Meskipun dikesankan Allu bertekuk lutut di bawah kaki mereka, tapi pada akhirnya Siti yang cerdas dibuat hamil di luar nikah. Ia mencari-cari Allu untuk minta pertanggung jawaban. Dan Malena? Malena yang cukup cerdas berhasil menipu Allu, tapi dibuat juga tidak berdaya. Tipuan Malena dibuat sebagai alasan agar pada akhir cerita para pembaca bisa "memaklumi" tindakan biadab terhadap perempuan itu.

Novel ini memiliki alur cerita yang menarik. Kemampuan Faisal Oddang yang dengan sabar menampilkan potongan-potongan cerita yang mengungkap misteri kematian Rante Ralla berhasil membuat pembaca penasaran. Cerita yang mengalir, diksi yang menarik, dan bagaimana semua istilah asing dari Tanah Toraja bisa dimengerti tanpa catatan kaki, merupakan bukti kepiawaian menulis Faisal.

Sayangnya, janji surga yang menggerakan alur dan menjadi motivasi tokoh dalam novel ini masih terasa klise dan belum dalam. Selain itu, pilihan Faisal Oddang menampilkan perempuan yang akhirnya harus kalah di bawah kuasa laki-laki, cukup mengganggu. Mungkin karena saya perempuan, dan ini hanya pendapat subjektif saya saja. Semoga saya salah.

Komentar

  1. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    FROM-rossastanleyloancompany

    Do you need an urgent credit?

    * Very Fast and Instant Transfer to your bank account
    * Fee back in the month after you get your loan in your
    bank account
    * AT a Low interest rate of 2%
    * Long term payback (1-30) Long
    * Flexible loan and monthly pay
    *. How long will it take to finance? After applying for a loan
    you may expect an initial answer of less than 24 hours of
    financing within 48Hours after receiving the information they require
    from the crew. At ROSSA STANLEY loan company, we are a experienced finance company that provides hassle free loans to individuals who are genuine and serious minded, companies, corporate bodies and the general public at an interest rate of 2%. We have access to a pool of cash to give to companies and those who have plans to start a business no matter how small or big,we have the cash. Be rest assured that your welfare and comfort is our optimum priority, why we are here to take care of your loan processing.

    Contact a legitimate and trustworthy loan company with track record of service delivering for financial freedom to united nation (UN) countries.
    For more information and loans requesting to establish your business,buy a house,buy a car,vacation, contact us via ,

    Official e-mail: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Official CSN +12133153118
    Official Instagram: Rossamikefavor
    Official Twitter: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favour

    for quick and fast response....
    Kindly fill the application form below and we will get back to you,We are avaliable 24/7

    APPLICANT DATA

    1) Full Name:

    2) Country:

    3) Address:

    4) Gender:

    5) Marital Status:

    6) Work:

    7) Phone Number:

    8) current position in the workplace:

    9) Monthly Income:

    10) Loan Amount Needed:

    11) Loan Duration:

    12) facebook name:

    13) Whatsapp number:

    14) Religion:

    15)Date of birth:


    BEST REGARD,
    Mrs.Rossa Stanley Favour
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  2. Halo,
    Nama saya ROBBI dari Cirebon Jawa Barat Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Alicia Radu karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya banyak menderita di tangan pemberi pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa menawarkan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 3 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Cirebon di mana saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di Turki yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di Turki, karena saya berhutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dijalankan, sampai suatu hari setia bahwa seorang teman saya menelepon Siti Aminah setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, jadi saya harus menghubungi Siti Aminah dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Ibu Alicia Radu bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus mengumpulkan keberanian dan saya menghubungi Ibu Alicia Radu dan saya terkejut ketika pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 3 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah mukjizat dan saya harus bersaksi tentang pekerjaan baik Ibu Alicia Radu
    jadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Ibu Alicia Radu: (aliciaradu260@gmail.com) dan saya jamin bahwa Anda akan bersaksi seperti yang saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ibu Alicia Radu email saya : (robbi5868@gmail.com) dan Anda masih dapat menghubungi Siti Aminah yang memperkenalkan saya kepada ibu Alicia Radu melalui email: (sitiaminah6749@gmail.com)
    semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu Alicia Radu untuk mengubah kehidupan finansial saya

    BalasHapus
  3. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku

    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memenuhi Kebutuhan Emosi

I love you. You... you complete me,” kata Jerry Maguire. 
Lalu Dorothy membalas dengan berkata:
Shut up, just shut up. You had me at ‘hello’.” 


Ungkapan “you complete me” sering digunakan dalam untuk menggambarkan bagaimana pasangan kita membuat diri merasa lengkap, utuh. Pakar psikologi mengatakan, pasangan tidak bisa melengkapi kita, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan emosi. Mereka hanya bisa memenuhi keinginan dan hasrat.

Menuntut orang-orang terdekat untuk memenuhi kebutuhan emosi kita bukanlah tindakan tepat dan tidak rasional. Kita harus bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan emosi kita sendiri. "Jika Anda mencari pasangan yang dapat membuat Anda berarti, bahagia, menyelamatkan dari kebosanan dan kesedihan hidup; jika Anda mencari orang yang dapat melengkapi, itu bukan hal yang mudah dilakukan. Karena sebenarnya yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan itu Anda sendiri," kata Dennis Sugrue, psikologis dari medicinenet.com.

Menurut Psikolog Toge Aprillianto, M. Ps…

Jangan Beli, Adopsi saja!

Ingin anjing atau kucing baru? 
Kenapa tidak mencoba mengadopsi mereka saja?

Para pencinta binatang mulai khawatir dengan bertambah banyaknya populasi anjing dan kucing. Binatang peliharaan yang lucu-lucu ini sering menjadi korban orang yang tidak bertanggung jawab dan terlantar di jalanan. Sebagai pencinta binatang sejati, tidak ada salahnya kita mengulurkan tangan dan mengadopsi sebagian dari mereka.

“Tujuan adopsi biasanya adalah untuk penyelamatan. Itulah kenapa sekarang banyak komunitas pecinta binatang yang menyarankan mengadopsi,” kata drh. Saptina Aryani dari Piet Klinik Hewan 24 jam, Sentul City. Ia menyarankan agar kita mempertimbangkan hal-hal berikut bila mengadopsi anjing atau kucing.

>> Pilih Berdasarkan Karakter
Anak anjing atau kucing yang lucu di toko binatang peliharaan sebenarnya tidak cocok untuk kita yang tidak memiliki waktu untuk merawat dan melatih mereka. Binatang peliharaan yang masih kecil butuh perhatian ekstra untuk masalah kesehatan dan latihan keteram…

How Raw Can You Go?

“Jangan dimakan, masih mentah. Nanti kamu sakit perut.” Dulu ibu kita sering melarang demikian. Sekarang kita juga mungkin masih sering mengatakan hal yang sama pada anak kita. Kita percaya bahwa makanan mentah itu tidak baik untuk pencernaan. Memasak adalah proses mematikan kuman sehingga makanan lebih aman disantap.

Lalu kenapa kita kembali ke pola makan nenek moyang kita, manusia purba? Ternyata pola makan makanan mentah lebih mudah dicerna tubuh. Makanan mentah memberikan energi maksimum bagi tubuh dengan usaha minimal. Pola makan ini dapat membuat kita lebih fit, jauh dari alergi, terhindar dari gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, obesitas, serta meningkatkan imunitas.

“Bangsa Eskimo merupakan kelompok manusia yang sangat minim riwayat penyakit kronik dan radang sendi. Mereka pemakan sebagian besar raw food,” kata dr. Tan Shot Yen, M.Hum dalam bukunya Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh. Eskimo sendiri berasal dari latar budaya Indian yang berarti, “Dia yang makan mentah.”

Ta…