Langsung ke konten utama

saat makanan berubah menjadi candu

bagaimana jika kita kecanduan makanan? seperti jenis adiksi lain, kecanduan makanan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang, membuatnya terisolasi, dan memperburuk kondisi fisik maupun mental. inilah yang disebut dengan gangguan makan atau dalam bahasa yang lebih mendunia, eating disorder.

konon, saat seseorang menderita adiksi, termasuk adiksi makanan, perkembangan mentalnya akan berhenti. jika adiksi dimulai saat 13 tahun, penderita gangguan makan itu memiliki cara berpikir dan mentalitas anak remaja, meskipun sesungguhnya dia sudah berkepala tiga atau empat.

pernyataan tersebut terlihat jelas dalam serial dokumenter dalam lima episode yang ditayangkan di E! tahun 2010. judulnya What's Eating You.

serial dokumenter ini menampilkan berbagai jenis gangguan makan. mulai yang umum seperti bulimia adan anorexia, sampai yang ekstrim seperti pica. perempuan yang menderita pica di dokumenter ini punya gangguan makan kapur sebagai camilan. total ada 10 cerita dengan 10 orang penderita gangguan makan. mulai dari yang remaja hingga dewasa, yang perempuan dan laki-laki, yang super kurus sampai yang super gemuk. semua bisa terkena gangguan makan.

dan, semua gangguan makan yang dikisahkan pasti disertai dengan gangguan psikologis. hampir semua masalah ditangani dengan terapi psikologis, meskipun tetap ditambah dengan bantuan medis dan konsultasi gizi, tapi yang saya liat terapi yang paling berperan adalah psikologis. 
 



Episode #1 (part 1)



Episode #1 (part 2)

Episode #1 (part 3)

Episode #1 (part 4)



Episode #1 (part 5)

 
 Episode #2 (part 1)


Episode #2 (part 2)

 Episode #2 (part 3)

 Episode #2 (part 4)
 
Episode #2 (part 5)


Episode #3 (part 1)
  
Episode #3 (part 2)

Episode #3 (part 3)

Episode #3 (part 4)


Episode #3 (part 5)


Episode #4 (part 1)

Episode #4 (part 2)

Episode #4 (part 3)

Episode #4 (part 4)
  
Episode #4 (part 5)


Episode #5 (part 1)

Episode #5 (part 2)

Episode #5 (part 3)

Episode #5 (part 4)

Episode #5 (part 5)



kutipan yang paling membekas ada di episode dua, dari andrew, 23 tahun dari new york. laki-laki bulimia dengan kecenderungan masokis.


"People think you could just stop this cause it’s not like actual drugs like crack. But food is more deadly than you think. You can’t survive without food. So how do you get better when your drug you can’t eliminate totally?"





apa yang terjadi saat makanan berubah menjadi candu?  bagaimana cara menghentikan kecanduan kalau ke mana pun kita pergi bertemu dengan makanan? pun kita harus tetap makan bukan?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Joko Pinurbo dan Makna Rumah dalam Personifikasi Kulkas, Ranjang dan Celana

Judul : Pacar Senja: Seratus Puisi Pilihan Pengarang : Joko Pinurbo Penerbit : Grasindo Cetakan : Pertama, 2005 Penyunting : Pamusuk Eneste Kata Penutup : Ayu Utami

Bila kita membaca Pacar Senja karya Joko Pinurbo, seperti membaca narasi panjang tentang rumah dari kacamata penyair yang biasa disapa Jokpin ini. Sajak yang terkumpul dalam antologi ini memiliki rentang penciptaan yang panjang dari tahun 1980 hingga 2004. Paling banyak puisi bertahun 1996, 2001, dan 2003, masing-masing 14 puisi. Selain itu ada 13 puisi bertahun 1999, 10 puisi di 2002, dan sembilan puisi di tahun 2000. Tahun 1997 ada tiga puisi, tahun 1990 dan 1995 ada dua puisi. Jokpin memasukan masing-masing satu puisi yang bertahun 1980, 1989, 1991, 1994, dan satu puisi bertahun 2002/2003.

Total ada 100 puisi dalam buku ini. Kecuali puisi "Layang-layang" (1980) dan "Pohon Bungur" (1990) yang belum pernah dipublikasikan, 98 karya lain pernah dipublikasikan dalam antologi Celana (1999), Di Bawah Kibar…

Misteri Kematian dan Janji Surga dalam Novel Faisal Oddang

Surga diciptakan karena...
Demikian kalimat menggantung yang tertera di bawah judul novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang. Buku terbitan Kepustakaan Populer Gramedia (Jakarta, 2015) ini ditulis untuk menjawab pertanyaan, "Kenapa surga diciptakan?" Pertanyaan penting yang akan memengaruhi kehidupan manusia dan apa saja yang akan diperbuatnya sebelum dijemput kematian. Kematian dan surga adalah dua hal yang menggerakkan alur dan menciptakan konflik novel ini.

Ini kisah kematian. Dimulai dengan kematian seseorang diakhiri dengan kematianmu. Iya, kematianmu. Tidak usah terkejut. Novel ini 200an halaman ini terbagi dalam empat bagian dan 20 bab. Tiap bagian diberi judul dan potongan puisi. Bagian pertama berjudul "Menyiapkan Kematian", bagian kedua "Pada Kematian Itu, Aku Pergi", dilanjutkan dengan "Obituari Luka", dan terakhir "Alam Baka" atau puya.

Narator dalam novel ini adalah leluhur orang Toraja, suku yang terkenal dengan tradisi upac…

Rahim dan Kepahitan Perempuan dalam Patiwangi Karya Oka Rusmini

Judul : Patiwangi Pengarang : Oka Rusmini Penerbit : Bentang Budaya Cetakan : Pertama, Juli 2003 Pemeriksa Aksara : Yayan R.H., Heni Purwaningsih Penata Aksara : Sugeng D.T.

Oka Rusmini merupakan sedikit dari sekian penulis yang berhasil menguasai tiga bentuk fiksi: novel, cerpen, dan puisi. Perempuan Bali yang lahir di Jakarta, 11 Juli 1967 ini dikenal pertama kali lewat novel Tarian Bumi pada tahun 2000. Novel yang sarat dengan budaya Bali ini menjadi ciri khas karya-karya Oka dalam bentuk lain: cerpen dan puisi. Pada tahun 2003, novel ini mendapat Penghargaan Penulisan Karya Sastra 2003 dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (dulu Pusat Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dalam Ensiklopedia Sastra Indonesia disebutkan, Tarian Bumi dianggap sebuah babak baru penulisan prosa panjang di Indonesia yang menampilkan tokoh-tokoh perempuan berbeda dibandingkan penggambaran yang pernah ada dalam khazanah sastra sebelumnya, yaitu sebagai sosok-sosok kuat, gelisah, mandiri, radikal…