Langsung ke konten utama

saat makanan berubah menjadi candu

bagaimana jika kita kecanduan makanan? seperti jenis adiksi lain, kecanduan makanan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang, membuatnya terisolasi, dan memperburuk kondisi fisik maupun mental. inilah yang disebut dengan gangguan makan atau dalam bahasa yang lebih mendunia, eating disorder.

konon, saat seseorang menderita adiksi, termasuk adiksi makanan, perkembangan mentalnya akan berhenti. jika adiksi dimulai saat 13 tahun, penderita gangguan makan itu memiliki cara berpikir dan mentalitas anak remaja, meskipun sesungguhnya dia sudah berkepala tiga atau empat.

pernyataan tersebut terlihat jelas dalam serial dokumenter dalam lima episode yang ditayangkan di E! tahun 2010. judulnya What's Eating You.

serial dokumenter ini menampilkan berbagai jenis gangguan makan. mulai yang umum seperti bulimia adan anorexia, sampai yang ekstrim seperti pica. perempuan yang menderita pica di dokumenter ini punya gangguan makan kapur sebagai camilan. total ada 10 cerita dengan 10 orang penderita gangguan makan. mulai dari yang remaja hingga dewasa, yang perempuan dan laki-laki, yang super kurus sampai yang super gemuk. semua bisa terkena gangguan makan.

dan, semua gangguan makan yang dikisahkan pasti disertai dengan gangguan psikologis. hampir semua masalah ditangani dengan terapi psikologis, meskipun tetap ditambah dengan bantuan medis dan konsultasi gizi, tapi yang saya liat terapi yang paling berperan adalah psikologis. 
 



Episode #1 (part 1)



Episode #1 (part 2)

Episode #1 (part 3)

Episode #1 (part 4)



Episode #1 (part 5)

 
 Episode #2 (part 1)


Episode #2 (part 2)

 Episode #2 (part 3)

 Episode #2 (part 4)
 
Episode #2 (part 5)


Episode #3 (part 1)
  
Episode #3 (part 2)

Episode #3 (part 3)

Episode #3 (part 4)


Episode #3 (part 5)


Episode #4 (part 1)

Episode #4 (part 2)

Episode #4 (part 3)

Episode #4 (part 4)
  
Episode #4 (part 5)


Episode #5 (part 1)

Episode #5 (part 2)

Episode #5 (part 3)

Episode #5 (part 4)

Episode #5 (part 5)



kutipan yang paling membekas ada di episode dua, dari andrew, 23 tahun dari new york. laki-laki bulimia dengan kecenderungan masokis.


"People think you could just stop this cause it’s not like actual drugs like crack. But food is more deadly than you think. You can’t survive without food. So how do you get better when your drug you can’t eliminate totally?"





apa yang terjadi saat makanan berubah menjadi candu?  bagaimana cara menghentikan kecanduan kalau ke mana pun kita pergi bertemu dengan makanan? pun kita harus tetap makan bukan?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memenuhi Kebutuhan Emosi

I love you. You... you complete me,” kata Jerry Maguire. 
Lalu Dorothy membalas dengan berkata:
Shut up, just shut up. You had me at ‘hello’.” 


Ungkapan “you complete me” sering digunakan dalam untuk menggambarkan bagaimana pasangan kita membuat diri merasa lengkap, utuh. Pakar psikologi mengatakan, pasangan tidak bisa melengkapi kita, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan emosi. Mereka hanya bisa memenuhi keinginan dan hasrat.

Menuntut orang-orang terdekat untuk memenuhi kebutuhan emosi kita bukanlah tindakan tepat dan tidak rasional. Kita harus bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan emosi kita sendiri. "Jika Anda mencari pasangan yang dapat membuat Anda berarti, bahagia, menyelamatkan dari kebosanan dan kesedihan hidup; jika Anda mencari orang yang dapat melengkapi, itu bukan hal yang mudah dilakukan. Karena sebenarnya yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan itu Anda sendiri," kata Dennis Sugrue, psikologis dari medicinenet.com.

Menurut Psikolog Toge Aprillianto, M. Ps…

Jangan Beli, Adopsi saja!

Ingin anjing atau kucing baru? 
Kenapa tidak mencoba mengadopsi mereka saja?

Para pencinta binatang mulai khawatir dengan bertambah banyaknya populasi anjing dan kucing. Binatang peliharaan yang lucu-lucu ini sering menjadi korban orang yang tidak bertanggung jawab dan terlantar di jalanan. Sebagai pencinta binatang sejati, tidak ada salahnya kita mengulurkan tangan dan mengadopsi sebagian dari mereka.

“Tujuan adopsi biasanya adalah untuk penyelamatan. Itulah kenapa sekarang banyak komunitas pecinta binatang yang menyarankan mengadopsi,” kata drh. Saptina Aryani dari Piet Klinik Hewan 24 jam, Sentul City. Ia menyarankan agar kita mempertimbangkan hal-hal berikut bila mengadopsi anjing atau kucing.

>> Pilih Berdasarkan Karakter
Anak anjing atau kucing yang lucu di toko binatang peliharaan sebenarnya tidak cocok untuk kita yang tidak memiliki waktu untuk merawat dan melatih mereka. Binatang peliharaan yang masih kecil butuh perhatian ekstra untuk masalah kesehatan dan latihan keteram…

How Raw Can You Go?

“Jangan dimakan, masih mentah. Nanti kamu sakit perut.” Dulu ibu kita sering melarang demikian. Sekarang kita juga mungkin masih sering mengatakan hal yang sama pada anak kita. Kita percaya bahwa makanan mentah itu tidak baik untuk pencernaan. Memasak adalah proses mematikan kuman sehingga makanan lebih aman disantap.

Lalu kenapa kita kembali ke pola makan nenek moyang kita, manusia purba? Ternyata pola makan makanan mentah lebih mudah dicerna tubuh. Makanan mentah memberikan energi maksimum bagi tubuh dengan usaha minimal. Pola makan ini dapat membuat kita lebih fit, jauh dari alergi, terhindar dari gangguan pencernaan, kolesterol tinggi, obesitas, serta meningkatkan imunitas.

“Bangsa Eskimo merupakan kelompok manusia yang sangat minim riwayat penyakit kronik dan radang sendi. Mereka pemakan sebagian besar raw food,” kata dr. Tan Shot Yen, M.Hum dalam bukunya Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh. Eskimo sendiri berasal dari latar budaya Indian yang berarti, “Dia yang makan mentah.”

Ta…